Tips Sukses Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Tips Sukses Bisnis Jual Beli Barang Bekas

          Siapa sangka barang bekas masih memiliki nilai tertentu dan diluar sana masih banyak orang yang membutuhkannya, sekalipun barang itu rusak masih bisa dimanfaatkan jeroannya untuk membetulkan barang lain. Di Indonesia sendiri, barang bekas merupakan komoditas primadona yang dicari banyak pebisnis karena biasanya dibeli dengan harga murah tapi akan dimodifikasi menjadi barang yang layak guna kembali, dan dijual dengan harga yang mahal kembali. 

          Biasanya orang-orang tidak mau repot dengan kehadiran barang bekas yang sudah rusak lalu membuangnya begitu saja di tempat sampah, namun siapa sangka pengepul sampah akan mendapatkan untung besar dengan menjual barang yang sudah kita buang tersebut. Oleh karen itu, kita harus jeli memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak kita butuhkan atau bahkan sudah rusak sekalipun, bisa jadi barang tersebut masih memiliki nilai jual yang cukup lumayan.

          Memang tidak mudah untuk memulai bisnis jual beli barang bekas, bisnis ini perlu pengalaman yang cukup untuk memperkirakan untung rugi yang didapat dari barang bekas yang kita punya dan akan kita jual. Misalnya saja barang bekas perkantoran seperti meja, kursi, lemari yang kurang bagus lebih baik di poles dahulu lalu dijual kembali dengan harga setengahnya dari harga baru, dari situ kita dapat mengetahui berapa biaya untuk pembetulan dan biaya lain-lain. Selain itu tempat menjadi masalash utama, karena kita harus memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan barang-barang bekas tersebut.

          Nah berikut ini kami akan memberikan tips-ips yang perlu diperhatikan ketika akan memulai bisnis jual beli barang bekas, berikut informasinya.

1. Fokus pada jenis barang

          Yang paling penting dalam bisnis ini adalah fokus pada satu jenis barang saja, misalnya saja peralatan kantor saja atau onderdil kendaraan bekas saja. Jangan keduanya digeluti dalam bisnis jual beli barang bekas, bisa bisa ruangan akan jadi kotor dan barang-barang rusak semua dan juga para pelanggan akan bingung sebenarnya anda berjualan apa. Selain itu fokus pada satu bisnis akan membantu anda membangun pelanggan loyal dan cinta produk anda terus.

Baca juga : Peluang Bisnis Yang Mudah Dilakukan Bagi Pemula

2. Perhatikan Kondisi Barang Dalam Kondisi Prima

          Faktor kondisi barang selalu menjadi perhatian utama dari calon pelanggan-pelanggan anda, maka daripada itu anda harus teliti ketika mendapatkan barang bekas yang akan anda jual kembali, jika barang anda terima dalam kondiri rusak parah sebaiknya dihancurkan untuk dimodifikasi dengan barang lain dan menjadi barang baru. Jika barang dalam kondiri tidak terlalu parah anda bisa poles agar seperti kelihatan baru dan masih berfungsi normal.

3. Jual Dengan Harga Masuk Akal

          Normalnya untuk harga barang bekas itu sekitar setengah dari harga baru, jangan jual sama dengan harga baru atau lebih dari harga baru. Calon konsumen anda pasti akan menawar harga saat membeli barang bekas tersebut, anda dapat memberikan harga terbaik untuk konsumen anda dan juga pemasukan took anda, dengan demikian tidak ada yang dirugikan bukan.

4. Promosi Melalui Media Online

          Hal ini paling penting sebenarnya, kalau bisnis anda tidak dipromosikan lalu siapa yang akan menjangkau bisnis anda. Cara paling cepat dan tepat adalah melalui media internet, anda dapat mempromosikan lewat media sosial  dan membagikan kepada teman-teman anda yang membutuhkan barang bekas namun masih dapat berfungsi.

Itu dia teman teman tips dan rahasia sukes berbisnis barang bekas di era globalisasi seperti sekarang ini, walaupun tidak mudah tetapi jika teman-teman fokus pasti suatu saat akan sukses asalkan selalu fokus dan rajin berdoa.

Salam Sukses Luar Biasa !



Suka me-review gadget dan travelling. Blogger dari Wonogiri, Jawa Tengah. Salam Blogger Kota Gaplek!

Bagikan Sekarang

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »