Waspada Baterai Ponsel Bisa Semakin Drop Bila Pengecasan Dilakukan dengan Cara Berikut!

Waspada Baterai Ponsel Bisa Semakin Drop

Ponsel menjadi salah satu kebutuhan tersendiri bagi masing-masing orang. Ada yang membutuhkan ponsel hanya untuk berkomunikasi lewat SMS atau telepon, namun ada pula yang menggunakan handphone tersebut untuk memotret ataupun untuk keperluan bisnis. Baik jenis hp murah ataupun hp dengan harga yang tinggi yang bisa dibeli juga di toko online, salah satu komponen ponsel yang sering bermasalah adalah di bagian baterai dan penyebabnya bisa disebabkan karena kesalahan dalam melakukan charger. 
 
Kesalahan pengecasan bisa menyebabkan daya ponsel menjadi menurun sehingga drop dan menyebabkan Anda mau tidak mau harus mengganti baterai tersebut. Berikut kesalahan dalam chargering yang beberapa diantaranya banyak dilakukan dan menyebabkan baterai drop. Pertama adalah dengan mengecas mulai dari 0% hingga 100%. Rekomendasi untuk pengisian baterai adalah saat daya baterai 40-80%. Akan tetapi, faktor seperti lupa mengecas baterai hingga membiarkan baterai yang sudah penuh hingga beberapa saat menyebabkan umur baterai akan berkurang sedikit demi sedikit. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya chas baterai ponsel Anda ketika sudah mendekati 20% atau minimal 10%. 
 
Kedua adalah melakukan pengecasan di suhu yang ekstrim. Saat ini baterai ponsel umumnya menggunakan jenis baterai Li-on. Agar baterai tersebut bisa tahan lama dan awet maka hindari untuk mengecas di suhu yang ekstrim misalnya di bawah sinar matahari langsung atau di suhu di bawah nol yang akan menyebabkan baterai menjadi mati lebih cepat. Lakukan pengecasan di suhu ruangan.
 
Ketiga adalah dengan menggunakan charger dan kabel KW atau tiruan. Saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk membeli charger yang memiliki harga yang murah dibandingkan membeli charger yang aslinya. Namun, kabel dan charger KW atau palsu dengan harga murah tersebut bisa menjadi salah satu faktor mengapa ponsel, apalagi hp murah memiliki baterai yang cepat drop. 
 
Keempat adalah menggunakan banyak aplikasi ponsel saat ponsel tersebut masih dalam proses chargering. Banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan ponsel bahkan lebih baik mematikan hp saat sedang di-charge, namun Anda tetap bisa melakukan pengisian daya pada ponsel Anda dan menggunakan aplikasi misalnya untuk chatting. Hal yang tidak boleh adalah menggunakan banyak aplikasi dalam 1 waktu karena hal tersebut menyebabkan daya yang seharusnya diisikan ke baterai menjadi terbuang atau keluar dan cepat membuat ponsel menjadi panas sehingga bisa saja menyebabkan hang. 
 
Keempat adalah menggunakan power bank setiap saat. Walaupun power bank berfungsi untuk cadangan daya yang bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja saat ponsel ataupun perlengkapan elektronik seperti kamera kehilangan daya, namun, power bank bisa menjadi salah satu penyebab ponsel menjadi rusak. Hal tersebut disebabkan karena panas yang dipancarkan oleh power bank tersebut bisa menyebabkan ponsel menjadi lebih panas dan akibatnya bisa merusak baterai. 
 
Kesalahan lainnya yang biasanya dilakukan saat pengecasan yang bisa menyebabkan ponsel, seperti hp murah menjadi cepat drop adalah:
 
Tidak mengecas hingga 100% saat baru dibeli dan belum digunakan. Untuk baterai yang terbuat dari bahan nikel, pengecasan hingga 100% bisa membuat performa menjadi maksimal namun ada beberapa baterai dengan jenis Li-ion yang bisa langsung dipergunakan sesaat setelah dibeli. 

Bermain game saat mengecas. Grafis aplikasi ternyata sangat berpengaruh pada penggunaan daya baterai. Sehingga ketika Anda mengecas walaupun mematikan koneksi ataupun sambungan lainnya namun Anda tetap bermain game ataupun menonton video, baterai yang masuk tidak akan maksimal.

Suka me-review gadget dan travelling. Blogger dari Wonogiri, Jawa Tengah. Salam Blogger Kota Gaplek!

Bagikan Sekarang

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »