Cara Aktivasi Verified by Visa (3D Secure) Pada Kartu Mandiri Debit Untuk Transaksi Online

Cara Aktivasi Verified by Visa (3D Secure) Pada Kartu Mandiri Debit Untuk Transaksi Online

Oke teman teman, kali ini saya akan ngasih tutorial untuk aktivasi kartu debit mandiri supaya bisa digunakan untuk melakukan transaksi online layaknya kartu kredit.

Syarat untuk bisa mengaktifkan Fitur eCommerce Verified by Visa yaitu kalian harus sudah terdaftar pada Mandiri Online. Untuk bisa mendaftar Mandiri Online kalian juga harus mengaktivasi fitur SMS Bangking terlebih dahulu melalui Bank Cabang Mandiri terdekat di kota kamu.

Kalau syarat sudah terpenuhi, begini cara aktivasinya.

1. Langkah pertama Login ke Mandiri Online melalui Dekstop PC atau Perangkat Smartphone kamu. 

2. Setelah kalian memasukkan id dan pasword, silahkan kamu menuju menu Pengaturan E-Commerce dan masukkan nomer Kartu Debit Mandiri yang terdapat di nomer kartu atm.

3. Klik lanjut dan masukan nomer HP untuk VBV.

4. Periksa sms dan masukkan kode otp yang dikirim ke nomer hp kalian.

5. Tunggu sampai H+1 untuk penggunaan kartu debit mandiri.


Beberapa pertanyaan mengenai Debit Mandiri untuk transaksi online VBV 

1.   Apa yang dimaksud dengan fitur layanan transaksi online eCommerce Verified by Visa/VbV (3D Secure) pada kartu Mandiri Debit ?
Jawab :
Merupakan fitur layanan / alat pembayaran transaksi online eCommerce menggunakan kartu Mandiri debit yang sudah tersertifikasi dari Visa (VbV/3D Secure) pada situs merchant (toko online) yang juga telah memiliki sertifikasi Visa (VbV/3D Secure).

2.   Bagaimana cara nasabah jika ingin mengaktifkan layanan transaksi online eCommerce VbV (3D Secure) ?
Jawab :
2.1 Nasabah Baru
Membuka rekening Mandiri Tabungan, mengajukan penerbitan kartu Mandiri debit (reguler/instan) dan mendaftarkan nomor handphone yang masih aktif di menu ”Aplikasi Kartu Baru”, melalui Cabang Bank Mandiri.

2.2 Nasabah existing (yang telah memiliki kartu Mandiri Debit)
  Kartu Mandiri Debit nasabah dalam kondisi aktif.
  Mengupdate  nomor  handphone  yang  akan  digunakan  untuk  menerima  Password  / Authorization code setiap kali melakukan transaksi (One Time Password/OTP) di menu
”Perubahan Aplikasi Kartu”.
  Proses update data nomor handphone dan aktivasi kartu Mandiri debit hanya dapat dilakukan melalui cabang Bank Mandiri/Customer Service.
  Nasabah baru dapat melakukan transaksi online eCommerce setelah 2 hari kerja sejak nomor handphonenya di daftarkan.

3.   Bagaimanakah cara nasabah bertransaksi di merchant online?
Jawab :
a.   Nasabah pemilik kartu Mandiri debit yang dapat bertransaksi online eCommerce adalah seluruh nasabah Mandiri Debit yang status kartunya aktif dan nomor handphonenya terdaftar pada sistem bank.
b.   Nasabah pemilik kartu Mandiri debit hanya dapat melakukan transaksi online eCommerce
melalui merchant yang sudah VbV (3D Secure).
c.    Nasabah melakukan transaksi dengan menginput nomor Kartu Mandiri debit yang terdaftar di sistem bank pada situs merchant yang sudah VbV (3D Secure), serta 3 digit nomor CVV yang tertera pada bagian belakang kartu Mandiri Debit.
d.   Selanjutnya Nasabah akan menerima password / authorization code yang nasabah terima di nomor handphone nasabah berupa 6 (enam) angka rahasia. Password / authorizastion code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi (One Time Password (OTP).
e.   Sistem  Bank  Mandiri mengirimkan One  Time  Password (OTP)  ke  nomor  handphone/HP
nasabah yang telah terdaftar di sistem bank.
f.     Tahap akhir, Nasabah menginput Password tersebut pada layar konfirmasi yang muncul pada layar transaksi.
g.    Nasabah akan mendapatkan konfirmasi bahwa transaksi selesai.

4.   Apasajakah manfaat yang di dapat nasabah dari aktivasi layanan transaksi online eCommerce
VbV (3D Secure)?
Jawab :
a.   Perluasan channel transaksi, dalam hal ini nasabah selain di dapat melakukan transaksi belanja di merchant yang memiliki mesin EDC/POS, nasabah juga dapat melakukan transaksi belanja di  toko online/situs merchant eCommerce yang sudah VbV (3D Secure) dengan menggunakan kartu Mandiri debit yang juga sudah VbV (3D Secure).
b.   Transaksilebih aman karena selain Merchant harus sudah Verified by Visa (3D Secure), setiap transaksi online eCommerce yang menggunakan kartu Mandiri debit juga diminta untuk menginput password / authorization code setiap kali melakukan transaksi (One Time Password /  OTP)
c.    Nasabah tidak dibebani biaya tambahan.

5.   Apa yang dimaksud dengan VbV / 3D Secure ?
Jawab :
Yang dimaksud dengan VbV adalah Verified by Visa, sedangka 3D Secure adalah 3 domain
Secure.

6.   Apa yang dimaksud dengan toko online/ Merchant eCommerce yang sudah VbV / 3D Secure?
Jawab :
Merupakan toko online / merchant eCommerce yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Visa. Sertifikasi ini untuk memastikan keamanan transaksi sekaligus melindungi dari cyber fraud.

7.   Apa yang dimaksud dengan Password / Authorizationcode?
Jawab :
Berupa 6 (enam) angka rahasia yang diterima nasabah melalui nomor handphone yang terdaftar
di sistem Bank, setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja online. Password / authorization code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja online (One Time Password)

8.   Apa yang dimaksud dengan One Time Password?
Jawab :
One Time Password atau biasa disingkat OTP merupakan6 (enam) angka rahasia yang diterima nasabah  melalui  nomor  handphone  yang  terdaftar  di  sistem  Bank,  setiap  kali  nasabah melakukan transaksi belanja online guna keamanan dalam bertransaksi belanja online.

9.   Berapa kali maksimal nasabah dapat menginput password / authorizationcode?
Jawab :
Maksimal nasabah dapat menginput password /authorization code sebanyak 3 kali?

10. Apa yang terjadi jika nasabah salah memasukkan Password/ Authorization code setelah 3 kali?
Jawab :
Jika nasabah salah memasukkan password sebanyak 3kali, maka layanan penerimaan password (OTP) akan terblokir. Agar dapat bertransaksi kembali, Nasabah dapat mengajukan pembukaan layanan OTP melalui Mandiri call 14000 (real time). Pembukaan layanan OTP  dilakukan dengan verifikasi data terlebih dahulu.

11. Apa sajakah resiko yang mungkin timbul pada layanan transaksi online eCommerce dengan menggunakan kartu Mandiri debit?
Jawab :
    Resiko gagalnya transaksi karena kegagalan system
    Resiko gagalnya transaksi karena nomor Handphone tidak terdaftar pada data Bank
    Resiko gagalnya transaksi karena merchantbelum VbV (3D Secure)

12. Siapakah pengguna dari transaksi online eCommerce VbV (3D Secure)tersebut ?
Jawab :
Nasabah yang terdaftar menjadi nasabah Bank Mandiri dengan menggunakan semua jenis Kartu Mandiri debit yang berlogo Visa (termasuk kartu Mandiri debit Bisnis dan Prioritas), namun tidak berlaku untuk kartu Mandiri Prabayar.

13. Berapa limit transaksi kartu Mandiri debit, jika bertransaksi melalui belanja online eCommerce ?
Jawab :
a.   Limit transaksi kartu Mandiri debit  untuK belanja online eCommerc emengikuti / menjadi satu dengan limit transaksi pembelanjaan harian kartu yang sudah ada saat ini.

b.   Limit transaksi pada merchant online akan diakumulasi dengan transaksi Merchant EDC / POS, contohnya :
Bayu pemegang kartu Mandiri debitSilver, sesuai jenis kartunya ia mempunya ilimit harian transaksi belanja / purchase sebesar Rp. 25 juta per hari. Pada tanggal 19 Juni 2013, Bayu melakukan transaksi di  Hypermart sebesar Rp.  500.000, di  Matahari Department Store sebesar Rp. 700.000 dan beli Hp baru di blibli.com sebesar Rp. 4.500.000. Total transaksi purchase Bayu pada tanggal 19 Juni 2013 adalah sebesarRp. 5.700.000. Sehingga sisa limit transaksi harian Bayu tanggal 19 Juni 2013 adalahRp. 19.300.000.


Oke teman teman, aku harap kalian sudah paham ya seluk beluk mengenai Kartu Debit Mandiri ini, kalau ada yang mau ditanyakan silahkan ajukan melalui kolom komentar, terima kasih.


* Cara Aktivasi Fitur Layanan Transaksi Online eCommerce Verified by Visa (3D Secure) Pada kartu Mandiri Debit

Suka me-review gadget dan travelling. Blogger dari Wonogiri, Jawa Tengah. Salam Blogger Kota Gaplek!

Bagikan Sekarang

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »