Menikmati Teh Rasa Kopi di Kebun Teh Jamus Ngawi

Plakat Agrowisata Kebun Teh Jamus

Berwisata ke kebun teh merupakan hal yang sangat menyejukkan hati. Bayangkan saja ketika melihat dataran semuanya hijau dan bersih sekali, udaranya yang segar membuat hati kita damai. Suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan inilah yang membuat saya tertarik untuk berwisata ke kebun teh.

Nah kalau kamu ingin berwisata ke kebun teh, kamu bisa mencoba datang ke Agrowisata Kebun Teh Jamus yang terletak di Ngawi, Jawa Timur. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman Belanda pada tahun 1866 dan sekarang dikelola oleh PT Candi Loka sampai sekarang. Tidak seperti kebun teh yang lain, kebun teh Jamus mengutamakan kualitas dan khasiat yang terkandung didalam teh sehingga tanaman teh yang sudah tua tetap dipertahankan.

Kebun Teh Jamus Ngawi

Untuk mencapai akses kesana anda bisa menggunakan mobil pribadi atau bisa juga dengan bersepeda motor. Eits, tapi harus kuat yah, saya sendiri pergi ke Jamus dari Wonogiri, Jawa Tengah sampai di lokasi tujuan memakan waktu 3 jam, sangat melelahkan bukan? Untuk itu anda perlu mempersiapkan fisik dan tenaga yang prima supaya tidak kelelahan di perjalanan.

Setelah mencapai Kabupaten Ngawi nanti anda sudah dipandu dengan adanya petunjuk arah dari Plakat Hijau yang ada dipinggir jalan. Jika masih bingung anda bisa juga memakai layanan dari google maps, saya sendiri juga menggunakan panduan google maps via street view. Dan kalau sudah sangat bingung ya tanya ke orang yang detemui di jalan, hehehe. Seperti kata pepatah, Malu bertanya Sesat dijalan, tapi jangan banyak bertanya nanti dikira wartawan hehehe.

Sesampainya di lokasi nanti akan ada penjaga gerbang yang tugasnya memberi tiket masuk. Adapun harga tiket masuknya adalah 8000 untuk akhir pekan atau liburan dan 5000 untuk hari biasa, dengan membeli tiket Anda bisa mendapat satu kotak teh kopi Jamus, namun waktu saya berkunjung kesana enggak dapet, alias buat penjaganya hehe yaudah lah hitung hitung sodakoh. 

Di gerbang masuk ada peraturan bahwa pelajar tidak boleh memasuki lokasi Agrowisata Kebun Teh Jamus dijam-jam sekolah, kecuali kalau ada kepentingan dinas. Mungkin ini untuk meminimalisir kenakalan anak remaja zaman sekarang yah, biar mereka gak bolos sekolah hehehe. Mendidik sekali nih Kebun Teh Jamus, ikut membantu pemerintah mengurangi angka bolos sekolah hehehe. Disana juga terdapat sejenis pancuran atau grojokan air kecil yang lumayan bagus.

Pancuran Air Jamus

Banyak sekali pedagang dan penjual makanan yang hangat hangat. Ada bakso bakar, wedang ronde, teh kopi panas dan masih banyak lagi. Jangan lupa membeli oleh oleh khas Jamus yaitu Teh Rasa Kopi, mungkin anda bertanya tanya kok teh rasa kopi yah? Mana ada? Ya ada disini buktinya. Jadi disana itu daun teh di proses dengan di tubruk dan dijadikan seperti kopi, kalau gak salah. Kalau salah berarti daun kopi dijadikan seperti teh, hehehe uat yang tau dan masih ingat boleh kok membenarkan di kolom komentar. Yang pasti tulisannya teh rasa kopi hehehe.

Kalo anda ingin mencobanya terlebih dahulu juga bisa, anda bisa membeli di warung sekitar. Saya waktu itu membeli teh rasa kopi setelah asyik berenang dan rasanya sangat enak dan menghangatkan sekali. Untuk harga ya bervariasi, mulai dari 10rb hingga jutaan rupiah, tergantung dari jenis teh dan rasanya.

Toko Teh Kopi Jamus

Jenis Teh di Jamus

Terdapat beberapa bukit, beberapa kebun yang luas, lapangan dan juga ada kolam renang yang airnya dari sumber mata air gunung asli. Ketika anda memasuki area kolam renang ada beberapa sungai kecil yang mengalir asli dari sumber mata air gunung, kalau ingin meminumnya juga bisa dan rasanya sangat segar sekali. Untuk tiket masuk kolam renang harganya 5000 saja. Bagaimana? Murah bukan? Tertarik mau mencobanya? Yuk datang Kebun Teh Jamus, Ngawi.

Dan buat kamu yang ingin berkunjung ke Kebun Teh Jamus, berikut tips dari saya. Apa saja sih yang perlu dibawa waktu berkunjung kesana? 

1. Jaket tebal
Namanya juga kebun teh pasti didataran tinggi dan sangat dingin sekali. Bawalah jaket atau peralatan penghangat lain agar anda tidak kedinginan.

2. Pakaian Renang
Disana juga terdapat kolam renang, jangan sampai anda tidak bermain air. Soalnya air disana asli bersumber dari gunung dan segarnya bukan main. Anda menyesal kalau tidak berenang disini.

3. Jas Hujan/Mantol
Cuaca didataran tinggi tidak menentu, kadang hujan kadang panas. Jangan sampai anda basah kuyup, bawalah jas hujan dari rumah untuk siap siap kalai terjadi hujan.

4. Plastik
Nah kalau kamu renang pasti baju pada basah, daripada membeli plastik mending bawa sendiri dari rumah untuk menghemat biaya hehehe.

5. Sandal
Kalo kamu biasa berwisata menggunakan sepatu jangan lupa membawa sandal. Disana kadang hujan dan membuat lahan jadi becek, untuk berjaga-jaga mending pakai sandal daripada sepatu.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu bawa kalau pergi ke Kebun Teh Jamus, jangan sampai wisata anda terganggu karena ada barang yang kurang, selalu persiapkan semuanya dari rumah supaya semuanya berjalan lancar.

Agrowisata Kebun Teh Jamus merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dan melepas penat bersama keluarga sembari menikmati teh rasa kopi yang sangat menggairahkan.

Selfie di Atas Bukit Kebun Teh Jamus

Selfie di Atas Bukit Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus (Lereng Gunung Lawu) - Ngawi: Kebun Teh Jamus, Ngawi

Suka me-review gadget dan travelling. Blogger dari Wonogiri, Jawa Tengah. Salam Blogger Kota Gaplek!

Bagikan Sekarang

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »